Resume Jurnal : Kemampuan Literasi Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Skor Nela
,

Resume Jurnal : Kemampuan Literasi Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Skor Nela

Abstrak
Tingkat literasi lingkungan di Indonesia masih memerlukan peningkatan yang signifikan, terutama karena pengambilan keputusan di berbagai tingkat sering kali mengabaikan kepentingan pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi dengan menggunakan skor NELA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel yang terdiri dari 137 mahasiswa Pendidikan Biologi semester 2, 4, dan 6. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Tes literasi lingkungan dilakukan dengan lembar instrumen yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Middle Schools Environmental Literacy Survey/Instrument (MSELS/I), yang terdiri dari 75 soal. Analisis tingkat literasi lingkungan dilakukan dengan pensekoran NELA (National Environmental Literacy Assessment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi lingkungan mahasiswa berada pada kategori “sedang”. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa perlu bersikap lebih bertanggung jawab, peduli, dan sadar terhadap lingkungan. Proses pembelajaran sebaiknya mencakup pembelajaran langsung dengan lingkungan, mengamati masalah lingkungan, serta perilaku yang berdampak positif bagi lingkungan.

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan utama untuk menganalisis keterampilan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi menggunakan sistem penilaian NELA.

Metodologi

  • Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
  • Sampel penelitian terdiri dari 137 mahasiswa Pendidikan Biologi yang berada di semester 2, 4, dan 6.
  • Instrumen penelitian adalah adaptasi dan modifikasi dari Middle Schools Environmental Literacy Survey/Instrument (MSELS/I), yang ditransformasikan ke dalam skor NELA.
  • Transformasi skor tes literasi lingkungan dan kriteria skor disajikan pada Tabel 1 dan 2.

Baca Juga : Pembukaan Beasiswa Bantuan Pendidikan S2-S3 Kemenag 2023: Simak Persyaratannya!

Temuan Utama

  • Literasi lingkungan secara keseluruhan dari mahasiswa pendidikan biologi berada dalam kategori “sedang”.
  • Studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab, peduli, dan sadar lingkungan sebagai hasil dari tingkat literasi lingkungan ini.
  • Total skor NELA untuk literasi lingkungan mahasiswa adalah 144, yang termasuk dalam kategori “sedang”.

Baca Juga :Review Film: #APT (2006)

Ringkasan
Makalah ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi menggunakan skor NELA, dan menemukan bahwa keterampilan literasi lingkungan mereka berada dalam kategori “sedang”. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi pembelajaran lingkungan dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab lingkungan di kalangan mahasiswa.

penulis : ratu

sumber :https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/download/46975/24303

Related Posts