Resume Jurnal : Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD
,

Resume Jurnal : Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun akademik 2018-2019 yang mengikuti mata kuliah Micro Teaching. Keterampilan yang dianalisis mencakup: 1) keterampilan membuka pelajaran, 2) keterampilan menjelaskan, 3) keterampilan memberi penguatan, 4) keterampilan mengadakan variasi, 5) keterampilan membimbing diskusi, 6) keterampilan mengelola kelas, 7) keterampilan bertanya, dan 8) keterampilan menutup pelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa angkatan 2016 yang mengikuti mata kuliah Micro Teaching. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, mencakup 65 mahasiswa dari kelas A, D, E, F, dan J. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan lembar observasi.

Baca Juga :Investasi Syariah Terbaik: Mana yang Memberikan Keuntungan Paling Optimal

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi berada dalam kategori sangat baik pada aspek membuka pelajaran, bertanya, dan menutup pelajaran. Kategori baik pada aspek penguasaan kelas, menjelaskan, dan memberikan penguatan. Kategori cukup pada aspek melakukan variasi, dan kategori kurang pada aspek memimpin diskusi kelompok kecil.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk:

  • Menilai keterampilan membuka pelajaran
  • Menilai keterampilan menjelaskan materi
  • Menilai keterampilan memberi penguatan kepada siswa
  • Menilai keterampilan mengadakan variasi dalam pengajaran
  • Menilai keterampilan membimbing diskusi
  • Menilai keterampilan mengelola kelas
  • Menilai keterampilan bertanya kepada siswa
  • Menilai keterampilan menutup pelajaran

Baca Juga : Ambil Saldo Gratis Anda Sekarang! Panduan Lengkap Mendapatkan Saldo di Aplikasi DANA Tahun 2024

Metodologi

Metodologi penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Micro Teaching. Sampel penelitian terdiri dari 65 mahasiswa dari 5 kelas Micro Teaching yang dipilih dengan purposive random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi, dan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif.

Temuan Utama

  1. Keterampilan Sangat Baik: Mahasiswa menunjukkan keterampilan sangat baik dalam membuka pelajaran, mengajukan pertanyaan, dan menutup pelajaran.
  2. Keterampilan Baik: Mahasiswa memiliki keterampilan baik dalam mengelola kelas, menjelaskan materi, dan memberikan penguatan.
  3. Keterampilan Cukup: Keterampilan mahasiswa dalam memberikan variasi pengajaran berada dalam kategori cukup.
  4. Keterampilan Kurang: Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil masih kurang memuaskan.

Ringkasan

Ringkasan dari makalah ini adalah menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Ahmad Dahlan yang mengambil mata kuliah Micro Teaching. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan keterampilan mereka berada dalam kategori “baik”, dengan beberapa aspek seperti membuka pelajaran, bertanya, dan menutup pelajaran berada dalam kategori “sangat baik”. Aspek pengelolaan kelas, menjelaskan, dan memberikan penguatan berada dalam kategori “baik”, sedangkan aspek variasi dan memimpin diskusi kelompok kecil berada dalam kategori “cukup” atau “kurang”.

penulis : ratu

sumber : https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/download/41378/27094

Related Posts